Sebelumnya, beberapa hari yang lalu aku mendapat sebuah tugas dari guru TIK. Tugasnya adalah penerapan rumus-rumus Microsoft Office Excel 2007. Pertama-tama kita disuruh bikin tabel dengan beberapa kolom yang udah diisi dengan data yang telah ditentukan, tapi banyak kolom yang belum diisi. Nah kolom-kolom yang kosong itu harus diisi menggunakan rumus Excel, dan bukan diisi manual. Kaya gini nih kertas tugasnya:
Terus ini bentuknya setelah aku contoh di MS Office Excel:
Tabel laporan |
Tabel bantu (di Sheet 2) |
Awalnya aku sempat bingung gimana caranya menerapkan rumus VLOOKUP supaya nggak perlu nulis rumus manual satu-satu setiap pegawai, tapi setelah aku tanya teman dan cari di Google akhirnya aku menemukan jawabannya :)) gini nih penyelesaiannya untuk seluruh tabel:
- Kolom "Jabatan" diisi dengan rumus:
=VLOOKUP(LEFT(C7,2),Sheet2!$B$2:$D$7,2,0) - Kolom "Keterangan" diisi dengan rumus:
=VLOOKUP(RIGHT(C7,3),Sheet2!$K$2:$L$8,2,0) - Kolom "Tanggal Masuk Kerja" diisi dengan rumus:
=DATE(MID(C7,4,2),MID(C7,6,2),MID(C7,8,2)) - Kolom "Masa Kerja" diisi dengan rumus:
=YEAR($D$3)-YEAR(F7) - Kolom "Gaji Pokok" diisi dengan rumus:
=VLOOKUP(LEFT(C7,2),Sheet2!$B$2:$D$7,3,0) - Kolom "Bonus" diisi dengan rumus:
=IF(H7<=$D$4,(VLOOKUP(D7,Sheet2!$F$2:$I$8,2,0)*Sheet1!I7),0) - Kolom "Potongan" diisi dengan rumus:
=IF(H7>$D$4,(MINUTE(H7)*10000),0) - Kolom "Gaji Bersih" diisi dengan rumus:
=I7+J7-K7 - Untuk baris-baris di bawahnya, tinggal drag rumusnya ke bawah :))
Penjelasan:
Pertama-tama perlu diketahui bahwa rumus dasar VLOOKUP adalah:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
Di mana
*lookup_value: data sumber atau data yang diketahui
*table_array: tabel yang memuat data-data lainnya alias tabel bantu
*col_index_num: kolom pada tabel bantu yang akan digunakan untuk mencari data
*range_lookup: diisi dengan "0" (nol)
1. Kolom Jabatan
=VLOOKUP(LEFT(C7,2),Sheet2!$B$2:$D$7,2,0)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan tabel secara vertikal.
- "LEFT(C7,2)" adalah data sumber atau data yang diketahui. Maksudnya, patokan kita untuk mencari data pada tabel bantu adalah 2 karakter pertama dari kiri pada cell C7.
- "Sheet2!" adalah karena tabel bantu terdapat pada Sheet 2.
- "B2:D7" adalah range tabel bantu yang kita gunakan. Kenapa dibuat absolut (menggunakan tanda $)? Karena pada kolom jabatan semua data-nya diambil dari tabel B2:D7.
- "2" menunjukkan bahwa kita mengambil data dari kolom ke-2 pada tabel B2:D7
- "0" adalah range_lookup.
2. Kolom Keterangan
=VLOOKUP(RIGHT(C7,3),Sheet2!$K$2:$L$8,2,0)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan tabel secara vertikal.
- "RIGHT(C7,3) adalah data sumber atau data yang diketahui. Maksudnya, patokan kita untuk mencari data pada tabel bantu adalah 3 karakter pertama dari kanan pada cell C7.
- "Sheet2!" adalah karena tabel bantu terdapat pada Sheet 2.
- "K2:L8" adalah range tabel bantu yang kita gunakan. Kenapa dibuat absolut (menggunakan tanda $)? Karena pada kolom jabatan semua data-nya diambil dari tabel K2:L8.
- "2" menunjukkan bahwa kita mengambil data dari kolom ke-2 pada tabel B2:D7
- "0" adalah range_lookup.
3. Kolom Tanggal Masuk Kerja
=DATE(MID(C7,4,2),MID(C7,6,2),MID(C7,8,2))
- "=DATE" adalah rumus yang digunakan supaya data pada cell akan otomatis berformat menjadi sebuah tanggal.
- Rumus dasar tanggal adalah
=DATE(year,month,day) - "MID(C7,4,2)" menunjukkan bahwa tahunnya terdapat mulai karakter ke 4 pada cell C7 sepanjang 2 huruf berikutnya (karena digit ke-4 s.d. ke-9 pada nomor induk pegawai menunjukkan tanggal masuk kerja-nya).
- "MID(C7,6,2) menunjukkan bahwa bulannya terdapat mulai karakter ke 6 pada cell C7 sepanjang 2 huruf berikutnya (karena digit ke-4 s.d. ke-9 pada nomor induk pegawai menunjukkan tanggal masuk kerja-nya).
- "MID(C7,8,2) menunjukkan bahwa tanggalnya terdapat mulai karakter ke 8 pada cell C7 sepanjang 2 huruf berikutnya (karena digit ke-4 s.d. ke-9 pada nomor induk pegawai menunjukkan tanggal masuk kerja-nya).
4. Kolom Masa Kerja
=YEAR($D$3)-YEAR(F7)
Sebenernya aku krang paham maksud dari masa kerja, tapi aku menyimpulkan bahwa masa kerja adalah jarak tahun masuk kerja menuju sekarang.
- "=YEAR($D$3)" adalah rumus supaya dia hanya menampilkan tahun dari cell D3 --> 2013
- "=YEAR(F7)" adalah rumus supaya dia hanya menampilkan tahun dari cell F7 --> 1989
- "-" di tengah artinya sebagai pengurang; 2013-1989
5. Kolom Gaji Pokok
=VLOOKUP(LEFT(C7,2),Sheet2!$B$2:$D$7,3,0)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan tabel secara vertikal.
- "LEFT(C7,2)" adalah data sumber atau data yang diketahui. Maksudnya, patokan kita untuk mencari data pada tabel bantu adalah 2 karakter pertama dari kiri pada cell C7.
- "Sheet2!" adalah karena tabel bantu terdapat pada Sheet 2.
- "B2:D7" adalah range tabel bantu yang kita gunakan. Kenapa dibuat absolut (menggunakan tanda $)? Karena pada kolom jabatan semua data-nya diambil dari tabel B2:D7.
- "3" menunjukkan bahwa kita mengambil data dari kolom ke-3 pada tabel B2:D7.
- "0" adalah range_lookup.
6. Kolom Bonus
=IF(H7<=$D$4,(VLOOKUP(D7,Sheet2!$F$2:$I$8,2,0)*Sheet1!I7),0)
"=IF" merupakan rumus fungsi logika. Perlu diketahui bahwa rumus dasar =IF adalah:
=IF(logical_test, [value_if_true], [velue_if_false])
Di mana
*logical_test: cell serta syarat yang menentukan apakah cell tersebut akan menghasilkan true atau false.
*value_if_true: hasil yang akan ditampilkan jika cell patokan memenuhi syarat.
*value_if_false: hasil yang akan ditampilkan jika cell patokan tidak memenuhi syarat.
Jika diterjemahkan dengan bahasa manusia, rumus pada Kolom Bonus di atas akan berbunyi seperti ini:
Jika cell H7 lebih kecil/sama dengan cell D4, maka H7 akan berisi besarnya persentase bonus dikalikan gaji pokok. Jika tidak, maka H7 adalah nol.
- "Jika cell H7 lebih kecil/sama dengan cell D4," merupakan terjemahan dari rumus bagian
=IF(H7<=$D$4, - "maka H7 akan berisi besarnya persentase bonus dikalikan gaji pokok." merupakan terjemahan dari rumus bagian
(VLOOKUP(D7,Sheet2!$F$2:$I$8,2,0)*Sheet1!I7), - "Jika tidak, maka H7 adalah nol." merupakan terjemahan dari rumus bagian
,0)
7. Kolom Potongan
=IF(H7>$D$4,(MINUTE(H7)*10000),0)
Ini juga pake rumus fungsi logika nih.. Kalo diterjemahkan dengan bahasa manusia, rumus pada kolom Potongan di atas akan berbunyi seperti ini:
Jika cell H7 lebih besar daripada cell D4, maka H7 akan berisi jarak menit pada cell H7 dikalikan dengan Rp10.000. Jika tidak, maka H7 adalah nol.
- "Jika cell H7 lebih besar daripada cell D4," merupakan terjemahan dari rumus bagian
=IF(H7>$D$4, - "maka H7 akan berisi jarak menit pada cell H7 dikalikan dengan Rp10.000." merupakan terjemahan dari bagian rumus
(MINUTE(H7)*10000) - "Jika tidak, maka H7 adalah nol." merupakan terjemahan dari rumus bagian
,0)
=I7+J7-K7
- Kolom gaji bersih berisi penjumlahan biasa, yaitu gaji pokok ditambah dengan bonus dikurangi dengan potongan.
Catatan:
Jika dengan rumus-rumus di atas terdapat kesalahan formula, coba ganti semua tanda koma (,) dengan tanda titik koma (;). Tidak semua MS Office Excel 2007 di setiap PC meminta koma (,) sebagai pemisah. Coba dicek di format formulanya ketika mengetikkan formula ;;)
Yang butuh file Excelnya untuk latihan bisa didownload di sini:
Download - lpk dinamicom.zip
Sekian dan semoga bermanfaat ;)
Thanks sob!
ReplyDeleteBuka blog ini juga
facebook.blogspot.com
rotten.com
itu isinya ttg apa ?
Deleteini membantu banget buat aku, makasi ya! :)
ReplyDeleteBermanfaat bwuangetttt.....makasih banyak ya,
ReplyDeletesering2 ja nge post artikel yg begini..hahahaha
makasih blognya :D nambah pengetahuan
ReplyDeletecih,, terlalu mudah.. lain kali buat penggabungan rumus if,countifs, max.. untuk mengetahui data apa data itu duplicate dari periode lalu...
ReplyDeleteItu 10000 nya dari mana, tolong di kasih jawaban, terimakasih
ReplyDeleteWaduh mohon maaf udah lama ga buka blog hehehe
DeleteItu 10000 nya memang dari soalnya isinya kaya gitu, coba dibaca lagi yang bagian kolom potongan